Profil Teknik Lingkungan Universitas Bakrie

Secara garis besar, kurikulum Prodi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie memiliki fokus kepada tiga isu lingkungan yang sedang berkembang yaitu:

  1. Smart City: pembelajaran dengan mengintegrasikan teknologi digital dalam tata kelola lingkungan yang cerdas (smart environment) di daerah urban dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Beberapa mata kuliah yang mendukung yaitu, Sustainable Urban Planning (Tata Kota Berkelanjutan), Cities Water Supply Engineering (Teknik Penyediaan Air Minum Perkotaan), Sustainable Urban Drainage system (Sistem Drainase Perkotaan Berkelanjutan), Mapping for Smart Cities (Perpetaan Smart Cities).
  2. Clean Energy and Climate Change: pembelajaran yang menitikberatkan pada dampak climate change kepada kehidupan serta upaya untuk memitigasi dan beradaptasi dengan fenomena tersebut, seperti dengan mengembangkan berbagai energi baru dan terbarukan. Contoh mata kuliah pada topik ini adalah Sustainable Marine and Coastal Management (Pengelolaan Laut dan Pesisir Berkelanjutan), Recent Environmental Issues (Isu Lingkungan Terkini).
  3. Eco Tourism: pembelajaran yang memfokuskan kepada pengelolaan bidang tourism yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Contoh mata kuliah pada topik ini Natural Resources and Environmental Economics Valuation (Ekonomi Valuasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan)

Keunggulan Prodi Teknik Lingkungan Universitas Bakrie di antaranya:

  1. Memiliki Integrated Environmental Laboratory yang dilengkapi dengan berbagai peralatan yang memadai untuk menunjang proses belajar mengajar dan penelitian mahasiswa serta dosen.
  2. Berkolaborasi erat dan mendapatkan support dari berbagai perusahaan dibawah naungan Kelompok Usaha Bakrie (KUB) seperti PT. Bumi Mineral Resources (BRMS), PT. Kaltim Prima Coal, PT. Bakrie Sumatra Plantation, Sentra Timur Residence, PT. Bakrie Pipe Industries.
  3. Penerapan experiential learning dalam sistem pembelajaran melalui berbagai kegiatan field visit, guest lecture, kerja praktek/magang;
  4. Posisi kampus yang strategis yaitu berada di sekitar pusat perkantoran UN Agencies (UNEP) dan NGO’s Internasional dalam bidang Lingkungan;
  5. Dosen Prodi Teknik Lingkungan memiliki track record yang baik dalam berbagai perolehan hibah penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.